Saat ini, motor matic menjadi andalan banyak orang untuk menghadapi kemacetan di ibukota yang semakin hari semakin parah. Tetapi kadang salah satu masalah yang banyak dikeluhkan oleh pengguna motor matic ketika sudah cukup lama dipakai adalah terasa lebih boros dari biasanya. Borosnya bahkan bisa sampai 1/20 dari biasanya.

Suzuki NEX II Standard Titan Black

Apa penyebabnya?

Biasanya hal ini hanya karena masalah yang simpel. Selain karena tidak rutin dalam hal perawatan sepeda motor, borosnya motor matic juga bisa disebabkan oleh gaya berkendara yang kurang tepat. Salah satu contohnya adalah saat berkendara di antara kemacetan, biasanya pengendara melakukan sebentar gas – sebentar rem (stop and go).

Sebagai gambaran, motor matic merupakan kendaraan yang mesinnya langsung merespon dan hal ini akan menyebabkan putaran roda pada saat gas dipuntir. Saat pengendara tanpa sadar tetap menggenggam tuas rem, maka putaran mesin pun akan tetap terjadi, walaupun motor tidak bergerak.

Keren Cara Baru

Lalu apa yang sebaiknya dilakukan?

Pastikan untuk tidak berbarengan antara buka gas dan rem.

Kenapa? Karena itu sama saja dengan menahan putaran roda belakang, jadi akan menyebabkan motor matic menjadi lebih boros.

Bahkan tidak hanya urusan boros yang terjadi saat kesalahan ini dilakukan, karena rem yang menahan roda, itu artinya kita membuat kampas rem bekerja ekstra sehingga membuat daya cengkramnya menjadi ikut berkurang dan kampas rem menjadi cepat habis.

KerenCaraBaru

Semoga informasi ini bermanfaat dan bila motor matic Anda masih saja boros, segera bawa ke Bengkel Resmi Suzuki agar Anda bisa mendapat informasi yang lebih pasti dan lebih cepat mendapat solusinya.

Kategori: NEWS

Tinggalkan Balasan